Skip to main content
Berita

Politeknik AKA Bogor Gelar Open House Industri 2025: Selaraskan Kurikulum dengan Kebutuhan Industri Terkini

By May 28, 2025No Comments

Bogor, 27 Mei 2025 – Politeknik AKA Bogor menyelenggarakan kegiatan Open House Industri (OHI) 2025 pada Selasa, 27 Mei 2025 di Aula Gedung B Politeknik AKA Bogor, dengan tema “Penyelarasan Kurikulum Politeknik AKA Bogor dengan Kebutuhan Industri Terkini.”

Kegiatan ini dihadiri oleh 32 perwakilan industri dari berbagai sektor antara lain analisis kimia, penjaminan mutu industri pangan, pengolahan limbah industri, dan nanoteknologi pangan. OHI 2025 bertujuan untuk membahas kurikulum vokasi di Politeknik AKA Bogor agar selaras dengan dinamika dan kebutuhan tenaga kerja industri saat ini.

Direktur Politeknik AKA Bogor, Prof. Dr. Askal Maymulyanti, M.Si, membuka secara resmi kegiatan ini yang turut dihadiri oleh para wakil direktur, ketua senat, perwakilan dosen dari seluruh program studi, serta perwakilan asosiasi seperti GAPMMI, APPLI, HKI.

Ketua kegiatan OHI 2025, Dr. R. Wiwi Widarsih, M.M, menyampaikan bahwa forum ini merupakan bagian dari konsinyering kurikulum berbasis masukan nyata dari industri. “Melalui kegiatan ini, kami berharap memperoleh insight dan saran mengenai profil lulusan dan kompetensi teknis maupun soft skill yang dibutuhkan saat ini,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga menghadirkan dua narasumber utama:

  • Dr. Muhammad Yudhistira Azis, M.Si (Ketua HKI Cabang Jabar-Banten) yang memaparkan kebutuhan industri terhadap kompetensi lulusan vokasi.
  • Dr. Herawati, M.Si (Pembantu Direktur I) yang menyampaikan pemaparan mengenai profil pendidikan vokasi di Politeknik AKA Bogor.

OHI 2025 menjadi wujud nyata komitmen Politeknik AKA Bogor dalam mengembangkan pendidikan vokasi yang responsif, relevan, dan terintegrasi dengan kebutuhan industri nasional.

Kehadiran dari perwakilan berbagai bidang industri ini diharapkan dapat memberikan masukan langsung terhadap struktur kurikulum dan kompetensi lulusan yang dibutuhkan saat ini dan di masa depan.