Skip to main content
Berita

Politeknik AKA Bogor Berpartisipasi di IDUTEX 2024 untuk Mendukung Pengembangan SDM Industri

By October 22, 2024No Comments

Politeknik AKA Bogor turut serta dalam ajang Indonesia Industrial and Vocational Expo (IDUTEX) 2024 yang secara resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Plasa Industri, Kementerian Perindustrian, Jakarta. Pameran yang berlangsung pada 7-9 Oktober 2024 ini menampilkan berbagai kegiatan seperti pameran, seminar, pelatihan (coaching clinic), dan job fair, yang bertujuan untuk mempertemukan pelaku industri dengan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan sesuai kebutuhan industri.

Dalam sambutannya, Menteri Perindustrian menekankan pentingnya sinergi antara pendidikan dan pelatihan vokasi dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. “IDUTEX 2024 ini merupakan kesempatan yang baik bagi seluruh pemangku kepentingan untuk memahami peran signifikan pendidikan dan pelatihan vokasi dalam pengembangan industri melalui penyediaan tenaga kerja yang kompeten dan inovatif,” ujar Agus Gumiwang Kartasasmita, Senin (7/10).

Beliau juga menegaskan bahwa pendidikan vokasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian sudah sejalan dengan kebutuhan industri. “Kurikulum yang dirancang, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, hingga penempatan kerja lulusan telah selaras dan terkoordinasi dengan baik bersama dunia usaha,” tambahnya.

Politeknik AKA Bogor sebagai salah satu institusi pendidikan vokasi di bawah naungan Kemenperin turut berkontribusi dalam acara ini dengan menampilkan berbagai program unggulannya di bidang kimia analisis yang relevan dengan kebutuhan industri. Keterlibatan Politeknik AKA Bogor dalam IDUTEX 2024 menjadi wujud nyata komitmen dalam mendukung pengembangan SDM industri yang kompeten dan siap menghadapi tantangan dunia kerja di era industri 4.0.

Acara ini juga diharapkan dapat membuka peluang bagi para lulusan Politeknik AKA Bogor dan institusi vokasi lainnya untuk mendapatkan kesempatan kerja dan berkontribusi dalam memajukan sektor industri di Indonesia.