" Selamat Datang di Website Resmi Politeknik AKA Bogor "    " Tolak Gratifikasi Mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi "    " Leading in Applied Analytical Chemistry "
September 26, 2020
Phone : 0251-8650 351 | WA : 0899-446-8282 | IG : @poltekakabogor | twitter : @akabogor | E-mail Office : akainfo@aka.ac.id | Pengaduan : pengaduan@aka.ac.id

PROFIL PROGRAM STUDI PENJAMINAN MUTU INDUSTRI PANGAN (PMIP)

 

Program studi (prodi) Penjaminan Mutu Industri Pangan (PMIP) dibuka pada tahun 2015, bersamaan dengan perubahan status Akademi Kimia Analisis menjadi Politeknik AKA Bogor. Sejak dibuka, prodi PMIP berkomitmen pada tugasnya untuk melaksanakan pendidikan profesional program diploma-III bidang penjaminan mutu industri pangan.

 

Dalam melaksanakan tugasnya, prodi PMIP mempunyai fungsi :

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan profesional yang ditujukan pada keahlian penjaminan mutu industri pangan
  2. Melaksanakan penelitian terapan dalam bidang industri pangan
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat secara profesional sesuai tugas dan tanggung jawabnya
  4. Membina sivitas akademika dan hubungan dengan lingkungannya
  5. Mengelola administrasi akademik

 

Visi Prodi PMIP :

Menjadi program studi yang mandiri dan unggul dalam menghasilkan tenaga profesional dan kompeten di bidang penjaminan mutu industri pangan pada tahun 2020 serta menjadi mitra industri dalam pemecahan masalah.

 

Misi Prodi PMIP :

  1. Meningkatkan daya saing dan mengembangkan profesionalisme sumber daya industri khususnya dalam bidang penjaminan mutu industri pangan melalui pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.
  2. Menyelenggarakan dan meningkatkan mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Menyelaraskan sistem pendidikan tinggi dengan perkembangan keterampilan dalam bidang penjaminan mutu industri pangan sesuai kebutuhan dunia kerja.

 

Sejak tahun 2018, prodi PMIP telah memperoleh akreditasi B dari BAN PT. Di tahun yang sama, prodi PMIP mulai melaksanakan pembelajaran sistem ganda (dual system) sesuai SK Menteri No. tentang penyelenggaraan pendidikan sistem ganda. Pendidikan sistem ganda mewajibkan mahasiswa untuk melakukan praktik kerja industri (prakerin) selama satu tahun (sekitar 35% dari masa studi). Periode prakerin yang lebih panjang memberikan kesempatan yang lebih besar bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan dan kompetensi.

 

Prodi PMIP membekali mahasiswa dengan dengan kompetensi sebagai penjamin mutu pangan antara lain pada bidang quality control, quality assurance, dan HRD di industri pangan. Mata kuliah yang diberikan mencakup ilmu dan keterampilan terkait teknologi pangan, analisis pangan, dan penjaminan mutu pangan. Selain itu, mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan dasar kimia, lingkungan kesehatan dan keselamatan kerja, komputasi data dan statistika, serta Bahasa Inggris.

 

Beberapa bidang pekerjaan yang dapat dimasuki oleh lulusan program studi PMIP adalah :

  1. Analis kimia
  2. Analis fisik pangan
  3. Analis organoleptik pangan
  4. Analis mikrobiologi pangan
  5. Pengendali dokumen sistem mutu industri pangan
  6. Supervisor pengawasan mutu
  7. Staff inspektor industri pangan
  8. Staff auditor keamanan pangan
  9. Staff quality control
  10. Staff quality assurance

 

PROFIL SINGKAT KETUA PROGRAM STUDI

Dr. Anita Herawati Permana, M.Si

Lahir di Bandung, 3 Januari 1989. Memperoleh gelar Sarjana Sains (S.Si) Kimia di FMIPA, Institut Teknologi Bandung tahun 2010. Gelar Magister Sains (M.Si) diperoleh dari Program Studi Kimia, FMIPA, Institut Teknologi Bandung pada tahun 2012, dengan beasiswa dari Program Doktor Unggulan untuk jenjang magister dan doktor. Menyelesaikan program doktor (S3) Kimia di Program Studi Kimia, FMIPA, Institut Teknologi Bandung, pada tahun 2018, dengan beasiswa dari Pusdiklat Industri Kementerian Perindustrian. Menjadi staf pengajar di Akademi Kimia Analisis (AKA) Bogor, yang sekarang berubah menjadi Politeknik AKA Bogor sejak tahun 2014 hingga sekarang. Mata kuliah yang diajarkan antara lain adalah Analisis Mikrobiologi, Analisis Kimia Pangan, Analisis Produk Halal, Bioteknologi Pangan, dan Pangan Fungsional. Bidang penelitian yang diminati dan ditekuni adalah life science, biomolekular, dan keanekaragaman hayati dalam produk pangan fermentasi.