DSC_7298

Politeknik AKA Bogor didirikan sebagai Akademi Kimia Analisis (AKA) Bogor pada tahun 1959 oleh Departemen Perindustrian Rakjat (sekarang Kementerian Perindustrian) yang kala itu menyelenggarakan program Sarjana Muda dengan tujuan untuk menyediakan tenaga analis tingkat akademi yang diperlukan oleh Balai Penelitian Kimia (sekarang Balai Besar Industri Agro (BBIA)) Bogor. Sejak tahun 1981, berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Perindustrian dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 278/M/SK/6/81 dan No. 0186/O/1981, AKA dinyatakan sebagai lembaga pendidikan professional program Diploma 3.

Sebagai salah satu unit pendukung Kementerian Perindustrian, Politeknik AKA Bogor bertugas menyediakan SDM Ahli Kimia Analisis dan Terapannya yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan dan mengembangkan industri. Hal ini berkaitan dengan misi Indonesia menjadi negara industri maju yang tentu saja akan memerlukan SDM Ahli Kimia Analisis dan Terapannya yang cukup besar dari segi jumlah maupun dari segi kualitas dan tingkat keahlian.

DSC_7286

Sasaran tingkat keahlian pendidikan ini adalah kemampuan analisis kimia secara mandiri, mampu mengembangkan keahliannya, mampu membina bimbingannya, dan memiliki dasar keahlian manajerial. Lulusan Politeknik AKA Bogor berhak menggunakan sebutan Ahli Madya

Kampus Politeknik AKA Bogor berlokasi di dua tempat, yaitu Kampus I di Jl. Pangeran Sogiri No. 283, Tanah Baru, Kec. Bogor Utara dan Kampus II di Jl. Ir. H. Juanda No. 7, Bogor. Seluruh kegiatan perkuliahan dan praktik/praktikum dilaksanakan di kampus I. Sedangkan kampus II sejak tahun 2013, digunakan sebagai tempat penyelenggaraan uji kompetensi bagi mahasiswa yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) AKA Bogor. Politeknik AKA Bogor juga telah menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum dan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008.