" Selamat Datang di Website Resmi Politeknik AKA Bogor "    " Tolak Gratifikasi Mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi "    " Leading in Applied Analytical Chemistry "
July 25, 2021
Phone : 0251-8650 351 | WA : 0899-446-8282 | IG : @poltekakabogor | twitter : @akabogor | E-mail Office : akainfo@aka.ac.id | Pengaduan : pengaduan@aka.ac.id

Program Studi D-IV Nanoteknologi Pangan

Program Studi D-IV Nanoteknologi Pangan

Politeknik AKA Bogor merupakan Institusi pendidikan tinggi vokasi industri terdepan dalam terapan analisis kimia. Dalam menyediakan lulusan sarjana terapan, pada tahun akademik 2021/2022 Politeknik AKA Bogor membuka Pendaftaran bagi calon mahasiswa untuk kuliah di Program studi D4 Nano teknologi Pangan.

Program studi D-IV Nanoteknologi Pangan merupakan program studi pertama di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang nanoteknologi terapan khususnya terapan di bidang industri pangan sesuai SK Kemendikbud No 105/D/OT/2021.

Bidang nanoteknologi pangan merupakan bidang yang sangat prospektif, karena memberikan alternatif baru dalam menghasilkan produk pangan yang berdaya saing tinggi. Nanoteknologi dalam bidang pangan dapat diaplikasikan untuk memperbaiki sifat fisika dan kimia seperti tekstur, rasa, warna, kelarutan, stabilitas, umur simpan, kandungan nutrisi, bioavailabilitas serta meningkatkan keamanan dan penjaminan mutu pangan melalui pengembangan nanosensor untuk mendeteksi kerusakan pangan.

Program studi D-IV Nanoteknologi Pangan merupakan program studi sarjana terapan dengan masa studi selama 4 tahun (8 semester) dengan beban 144 SKS terdiri dari 60% praktik dan 40% teori.

Mahasiswa program studi ini akan dibekali dengan keahlian mengenai :

  1. Teknik sintesis nanomaterial, baik nanomaterial logam, polimer, nanomaterial dari bahan alam seperti ekstrak tanaman dan buah-buahan maupun bahan alam untuk kesehatan dan kosmetik seperti nanokitosan, nanopropolis, dan nanospirulina.
  2. Teknik pengujian sifat fisika dan kimia serta pengujian berbagai aktivitas seperti antioksidan dan antimikrob dari suatu nanomaterial yang diaplikasikan ke bidang pangan.
  3. Teknik preparasi nanoemulsi untuk enkapsulasi bahan aktif seperti suplemen, nutraceutical, obat-obatan, untuk meningkatkan keterserapan dan mengatur proses pelepasannya dalam tubuh.
  4. Teknik pengembangan nanosensor untuk keamanan dan penjaminan mutu pangan, untuk mendeteksi bakteri patogen atau kontaminan dalam produk pangan, rasa maupun bau, misalnya dengan electronic nose.
  5. Teknik pembuatan kemasan pangan berbasis nanomaterial yang tergolong kemasan aktif yaitu kemasan pangan yang memiliki sifat tambahan seperti antioksidan dan antimikrob serta kemasan cerdas, yaitu kemasan yang menggunakan devices seperti bar code, indikator waktu-suhu, indikator gas, dan

 

Profil lulusan D4 Nanoteknologi Pangan

Lulusan D4 Nano Teknologi pangan lulus dengan gelar S.Si.T (Sarjana Sains Terapan) yang mampu melakukan perancangan produk pangan berbasis nano dan kemasan nanomaterial maupun mengaplikasikan nanoteknologi untuk menghasilkan prototype, prosedur baku, spesifikasi teknis dan desain dari proses pengolahan dan penjaminan mutu pangan sesuai standar industri, standar kesehatan, keamanan, kehalalan dan ramah lingkungan, pada industri pangan minimum skala menengah

Lulusan D4 Nanoteknologi Pangan dapat bekerja di berbagai industri berikut :

  1. Industri kemasan pangan
  2. Industri suplemen nanoherbal
  3. Industri pengolahan pangan
  4. Industri pengembang sensor untuk produk pangan

Jabatan/peran di masyarakat :

  1. R&D formulator
  2. R&D method development
  3. Section Head/Assistant Manager/Junior Manager

Biaya Pendaftaran Rp 200.000

Biaya Kuliah UKT Rp 7.900.000/semester