Laboratorium Pangan & Mikrobiologi

PROFIL LABORATORIUM PANGAN & MIKROBIOLOGI

 

Politeknik AKA Bogor dalam menyelenggarakan kegiatan praktik mahasiswa dan penelitian dosen yang berhubungan dengan analisis pangan dan mikrobiologi, ditunjang oleh laboratorium yang terletak di gedung E lantai 2.

Tujuan yang ingin dicapai adalah : Mahasiswa mampu menguasai teknik pengolahan pangan, metode analisis pangan (kimia dan mikrobiologi), serta analisis kehalalan pangan sesuai kebutuhan industri.

Laboratorium pangan dan mikrobiologi memiliki 4 ruang laboratorium yang digunakan untuk menyelenggarakan mata kuliah praktik untuk mahasiswa sebagai berikut :

 

Ruang laboratorium 1

  • Praktik Analisis Makanan dan Minuman I
  • Praktik Analisis Pangan

melaksanakan pelatihan analisis proksimat (kadar karbohidrat, protein, lemak, air, dan abu) pada sampel pangan dengan prinsip analisis volumetri dan gravimetri.

 

Ruang laboratorium 2

  • Praktik Analisis Makanan dan Minuman II

melaksanakan pelatihan analisis kadar senyawa pada sampel pangan dengan metode instrumentasi (spektrofotometri dan kromatografi).

  • Praktik Analisis Halal

melaksanakan pelatihan analisis halal dengan metode Rapid Test, isolasi DNA, PCR dan gel electrophoresis serta kadar alkohol dalam minuman.

 

Ruang laboratorium 3

  • Praktik Analisis Mikrobiologi Pangan

melaksanakan pelatihan analisis mikrobiologi pada sampel pangan (Isolasi dan Inokulasi bakteri, pengujian Angka Lempeng Total, Uji Koliform, Uji Escherichia coli, Uji Kapang dan Khamir)

  • Praktik Sanitasi Industri Pangan

pelatihan tentang sanitasi industri pangan yang meliputi sanitasi personal, ruangan, peralatan, efektifitas sanitiser, uji konsentrasi dan waktu kontak desinfektan, uji daya kerja desinfektan, dan uji koefisien fenol, dan Clean in Place.

  • Praktik Bioteknologi Pangan dan Bioassay

pelatihan tentang teknologi pengolahan pangan fermentasi, analisis zat aktif bahan alam menggunakan uji biologi (bioassay) antara lain uji antimikrob, uji antioksidan, uji toksisitas, dan penetapan total fenol

 

 Ruang laboratorium 4

  • Praktik Pengetahuan Bahan Pangan

memahami bahan pangan hewani dan bahan pangan nabati meliputi daging unggas, susu, telur, ikan buah-buahan, serealia dan kacang-kacangan, umbi-umbian, dan bahan penyegar

  • Praktik Teknik Pengambilan Sampel Pangan

pelatihan teknik pengambilan sampel padat, cair dan gas, dan teknik pengambilan sampel padat, cair dan gas dalam berbagai sampel pangan 

  • Praktik Teknologi Pengolahan Pangan

melaksanakan pelatihan untuk memahami bahan pangan dan teknik pengeringan, pasteurisasi dan sterilisasi, pendinginan dan pembekuan, pengolahan pangan tekanan tinggi, kristalisasi dan pengolahan pangan cara kimia (curing).

  • Praktik Penyimpanan dan Pengemasan Pangan

mengenal jenis, karakteristik, dan fungsi kemasan atau bahan pengemas, dalam mempengaruhi mutu produk pangan selama penyimpanan.