" Selamat Datang di Website Resmi Politeknik AKA Bogor "    " Tolak Gratifikasi Mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi "    " Leading in Applied Analytical Chemistry "
August 24, 2019
Phone : 0251-8650 351 | Whatsapp : 0899-446-8282 | Instagram : @poltekakabogor | twitter : @akabogor | E-mail Office : akainfo@aka.ac.id

IMAKA
(Ikatan Mahasiswa Politeknik AKA) 2019/2020
Presiden Mahasiswa : M. Yusri Alfikri
Wakil Presiden Mahasiswa : Ichsan Jaya Amin

VISI
Bersinergi dalam perubahan untuk mewujudkan keberlangsungan IMAKA melingkupi kehidupan kampus dan masyarakat yang berlandaskan iman takwa dan tri dharma perguruan tinggi.

MISI
1. Mewujudkan harmonisasi antar elemen mahasiswa , akademik dan masyarakat yang berlandaskan asas profesionalitas dan kekeluargaan
2. Membentuk pergerakan mahasiswa yang kontributif untuk kebermanfaatan intra maupun ekstra kampus
3. Menjadi wadah kebermanfaatan dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa

Tafsir Visi-Misi
Visi terwujudnya sinergi-perubahan
Sinergi-perubahan merupakan suatu pergerakan yang menggabungkan setiap keragaman yang dimiliki IMAKA untuk melakukan perubahan demi tercapainya cita-cita IMAKA yang tertuang dalam mukadimah Anggaran Dasar IMAKA yaitu kesejahteraan bersama. Dimana kesejahteraan ini memiliki arti yang luas dan berbeda (pandangan) pada setiap manusia. Sehingga kami berusaha untuk merespon setiap keresahan warga IMAKA dalam lingkup kampus yaitu minat dan bakat. Lingkup masyarakat yang mana terdapat dalam poin ke-3 tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat, dimana fungsi mahasiswa salah satunya menjadi social control. Dan dapat menghubungkan antara kebutuhan dan aspirasi mahasiswa kepada akademik.

  • Ruang lingkup kampus
    Mewujudkan suatu sinergi yang berawal dari rasa keluarga yang tumbuh karena interaksi kegiatan yang dilakukan bersama untuk kepentingan bersama. Dimana elemen kampus dapat saling melegkapi kekurangannya dan menjadikan BEM IMAKA sebagai wadah pengembangan potensi dan lembaga yang menjembatani kebutuhan mahasiawa kepada pihak akademik baik kebutuhan akademik maupun non-akademik
  • Ruang lingkup masyarakat
    Terjalinnya hubungan antara masyarakat dan elemen kampus adalah sebuah sinergisitas. Dengan adanya hubungan ini bisa terjalin kerjasama seperti adanya forum pemuda karang taruna dan mahasiswa yang membahas tentang kebutuhan mahasiswa di masyarakat dan kebutuhan masyarakat akan mahasiswanya. Sehingga IMAKA dijadikan sebagai wadah untuk kebermanfaatan baik itu bagi mahasiswa dan masyarakat.
  • Ruang lingkup pemerintahan

Pemerintahan merupakan hal yang tidak pernah terpisahkan oleh dunia pergerakan mahasiswa, menjadi objek dalam menyampaikan pendapat, membangun kembali pemahaman politik dari mahasiswa, menciptakan pergerakan yang massif dalam melibatkan stakeholder untuk mengkaji isu strategis dan insidental, mitra kritis dan parlemen jalanan merupakan prinsip kami dalam pergerakan vertikal seperti audiensi, advokasi dan aksi massa.

Misi IMAKA sebagai sinergisitas

1. Mewujudkan harmonisasi antar elemen mahasiswa , akademik dan masyarakat yang berlandaskan asas profesionalitas dan kekeluargaan
Harmonisasi merupakan keselarasan gerak baik antar elemen mahasiswa yang dapat dicapai dengan seringnya melakukan interaksi dan diskusi terkait permasalahan yang ada. Dan direalisasikan dalam suatu agenda akbar IMAKA, dimana agenda tersebut adalah kolaborasi dari tiap insan IMAKA. Harmonisasi ini pula dapat melibatkan akademik baik dari segi kegiatan maupun kebijakan yang dilandasi oleh aspirasi mahasiswa. Hubungan baik antara elemen kampus dan masyarkat pun perlu terus dijaga dan ditingkatkan dalam suatu agenda bersama.
Realisator: PSDM, menko bima, kestari, olahraga, sosmas, kominfo, BKU,HIMA,menko kp, audit

2. Membentuk pergerakan mahasiswa yang kontributif untuk kebermanfaatan intra maupun ekstra kampus
Terbentuknya pergerakan kontributif untuk tercapainya suatu kebermanfaatan. Dalam hal ini dapat menjadi pengembangan potensi diri dan minat dalam berbagai bidang dan ditunjang dengan peningkatan minat berliterasi dan berdskusi. Menjadi penginisiasi dalam menyelesaikan permsalahan yang ada di kampus dan masyarakat. Berupa meng efektifitas garda imaka sebagai tim massa aksi dan pencerdas pergerakan bagi mahasiswa, melakukan diskusi dan pengkajian isu yang berkembang dan isu strategis yang berkelanjutan serta mempropganda isu tersebut. Menjadi mitra kritis bagi pemerintah dan akademik dalam setiap peraturan maupun kebijakan yang dikeluarkan dengan rangkaian pengkajian, audiensi, pengumpulan data dan aksi massa. Selain pergerakan yang vertikal, kontribusi pun dilakukan dalam ranah horizontal atau aksi social pada permasalahan masyarkat dengan memperluas ranah gerak duta masyarakat menjadi penjembatan hubungan masyarakat dan mahasiswa dan dapat membantu memberdayakan pemuda yang ada sehingga terbentuknya suatu gerakan yang datang dari pemuda masyarakat demi tercapainya sinergi-perubahan. Dan memperluas ranah khusus social hingga perumahan kenari.

Realisator: kastrat, sosmas, menko kp, menko bima, kominfo, Audit, FLMPI, kesma

3. Menjadi wadah kebermanfaatan dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa
BEM dapat menjadi lembaga yang meng-advokasi fasilitas kampus dan kebutuhan mahasiswa.. Menjadi wadah dalam pengembangan potensi dan lantang dalam menyuarakan hal yang menjadi hak mahasiwa. Melakukan pengembangan dalam ranah keilmuan berupa pelatihan ISO, menujang peningkatan skill untuk menghadapi uji kopetensi. Dapat bekerjasama dengan suatu instansi untuk pemenuhan beasiswa dan menjalin kerja sama kepada lembaga bimbingan belajar ataupun les private dan menjadi bursa informasi terkait lowongan mengajar. Mewadahi dan memfasilitasi mahasiswa dalam bidang olahraga serta memberi dukungan untuk mengikuti kejuaraan.
Realisator : menko bima, iptek, kastrat, menko kp, sosmas, kominfo, kesma, flmpi,HIMA, BKU, OR, audit