MAKAPALA ( Mahasiswa AKA Pencinta Alam )
SEJARAH
Mahasiswa Akademi Kimia Analisis Pencinta Alam (MAKAPALA) didirikan di Akademi Kimia Analisis Bogor pada tahun 1984 dan diaktifkan kembali pada tanggal 19 Oktober 1991. Sehubungan dengan perubahan status Akademi Kimia Analisis Bogor menjadi Politeknik AKA Bogor maka nama MAKAPALA berubah dari Mahasiswa Akademi Kimia Analisis Pencinta Alam menjadi Mahasiswa Politeknik AKA Bogor Pencinta Alam yang disahkan secara resmi di dalam RUA-I MAKAPALA pada tanggal 20 Juni 2015.

 

DIVISI
MAKAPALA terdiri atas Komite, Badan Pekerja (BP), Ketua, Badan Pengurus Harian, dan Departemen.
1. Komite
Komite adalah anggota biasa dan/atau anggota luar biasa MAKAPALA yang dipilih, disahkan, dan diberi tanggungjawab oleh RUA MAKAPALA dan kedudukannya sejajar dengan ketua umum MAKAPALA. Bentuk dari tanggungjawab Komite tersebut adalah menyampaikan laporan hasil pengawasan dan penilaian kinerja pengurus harian MAKAPALA.
2. Badan Pekerja (BP)
BP adalah suatu badan yang dibentuk oleh pengurus MAKAPALA, yang beranggotakan empat orang untuk memfasilitasi dalam perevisian AD/ART yang lama “jika diperlukan” dan mengajukan rancangan AD/ART MAKAPALA pada Rapat Umum Anggota (RUA) MAKAPALA.
3. Ketua
Ketua umum MAKAPALA dipilih, disahkan dan diberi tanggungjawab oleh anggota MAKAPALA dalam RUA MAKAPALA sebagai forum tertinggi di MAKAPALA. Ketua Umum MAKAPALA membawahi sekretaris, dan bendahara serta lima departemen dalam merealisasikan program kerja MAKAPALA.
4. Badan Pengurus Harian
Badan pengurus harian terdiri atas Sekretaris I dan II, Bendahara dan beberapa Departemen yang memiliki tugas masing-masing.
a. Sekretaris I dan II, bertugas mengurusi administrasi dan kesekretariatan.
b. Bendahara, bertugas untuk mengelola keuangan.
c. Departemen Penelitian dan Pengembangan, bertugas mengolah kemampuan anggota dengan pengembangan potensi.
d. Departemen Informasi dan Komunikasi, bertugas menjalin kerjasama dan memperluas jaringan hubungan baik bidang internal maupun eksternal.
e. Departemen Badan Usaha, bertugas mencari sumber dana melalui kerjasama dengan departemen lain, organisasi, instansi, ataupun perusahaan.
f. Departemen Pendidikan dan Kaderisasi, bertugas sebagai penyalur minat dan bakat anggota.
g. Departemen Lingkungan Hidup, bertugas sebagai sarana untuk menambah pengetahuan terhadap lingkungan hidup.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI:
MAKAPALA bertujuan untuk mengembangkan rasa kepencintaalaman dan kemampuan berorganisasi anggotanya demi memajukan nama almamater Politeknik AKA Bogor.

 

MAKAPALA_001